Lumansari - MUSYAWARAH DESA REMBUG STUNTING RUMAH DESA SEHAT TA 2023

MUSYAWARAH DESA REMBUG STUNTING RUMAH DESA SEHAT TA 2023

Pemerintah Desa Lumansari menyelenggarakan Musyawarah Desa Rembug Stunting Rumah Desa Sehat TA 2023

Lumansari, 9 Juli 2023 — Pada hari Minggu, tanggal 9 Juli 2023, sebuah acara penting diadakan di Gedung Serbaguna Sultan Hadiwijaya Desa Lumansari, Kecamatan Gemuh. Musyawarah Desa Rembug Stunting Rumah Desa Sehat dihadiri oleh berbagai tokoh dan perwakilan penting dalam upaya memajukan kesejahteraan masyarakat di desa ini. Acara ini dibuka oleh Ketua BPD, Bapak Sukardi, SH, dan dihadiri oleh Kasie Pemberdayaan Kecamatan Bapak Drs. Anton Munajat serta Kepala Desa Bapak Kasnari.

Musyawarah Desa ini bertujuan untuk mengatasi masalah stunting yang merupakan permasalahan serius di masyarakat Desa Lumansari. Stunting adalah kondisi di mana pertumbuhan fisik dan perkembangan anak terhambat akibat kekurangan gizi, yang dapat berdampak negatif pada kualitas hidup dan potensi generasi muda di masa depan. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah desa bersama dengan berbagai lembaga kemasyarakatan desa seperti LPMD, RW, RT, Kader Posyandu, dan KPMD serta TP PKK, melakukan musyawarah untuk mencari solusi yang terbaik.

Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Desa Lumansari Bapak Kasnari yang menekankan pentingnya kerjasama antarlembaga dan partisipasi aktif masyarakat dalam upaya mengatasi stunting. Beliau menyampaikan bahwa upaya penanganan stunting haruslah bersifat komprehensif dan melibatkan berbagai pihak, termasuk bidan desa sebagai garda terdepan dalam upaya pemantauan dan pendampingan ibu hamil serta balita.

dalam lanjutan sambutannya Kepala Desa menyampaikan komitmen pemerintah desa untuk memprioritaskan kesehatan masyarakat, terutama dalam penanganan stunting. Beliau juga mengajak seluruh perangkat desa Lumansari, lembaga kemasyarakatan, dan masyarakat desa untuk bersama-sama berpartisipasi aktif dalam program Rumah Desa Sehat, yang bertujuan meningkatkan akses pelayanan kesehatan dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya gizi seimbang.

Kasie Pemberdayaan Kecamatan, Bapak Drs. Anton Munajat, mengapresiasi inisiatif Desa Lumansari dalam menggelar Musyawarah Desa Rembug Stunting Rumah Desa Sehat. Beliau menekankan bahwa permasalahan stunting bukan hanya tanggung jawab pemerintah desa, melainkan merupakan tugas bersama yang harus diemban oleh seluruh lapisan masyarakat. Dalam sambutannya, beliau juga menyampaikan dukungan dari pemerintah kecamatan dalam bentuk program pendampingan dan bantuan teknis yang akan diberikan kepada Desa Lumansari.

Musyawarah Desa Rembug Stunting Rumah Desa Sehat di Desa Lumansari berhasil menciptakan momentum baru dalam upaya membangun kesejahteraan masyarakat. Melalui kerjasama dan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat, diharapkan masalah stunting dapat segera teratasi, serta Desa Lumansari menjadi contoh bagi desa-desa lainnya dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan masa depan generasi muda.

Bidan desa dan Kader Posyandu juga turut serta dalam Musyawarah Desa ini. Mereka berperan penting dalam pemantauan dan pendampingan ibu hamil serta balita di Desa Lumansari. Dalam diskusi, bidan desa menyampaikan tantangan yang mereka hadapi dalam memberikan pelayanan kesehatan, seperti keterbatasan fasilitas dan akses transportasi. Usulan-usulan untuk meningkatkan fasilitas kesehatan dan memperluas jangkauan pelayanan bidan desa pun menjadi sorotan dalam pembahasan tersebut.

Tak hanya perangkat desa dan lembaga kemasyarakatan, masyarakat desa juga turut aktif berpartisipasi dalam Musyawarah Desa. Mereka menyampaikan berbagai aspirasi dan masukan, serta berkomitmen untuk mendukung program-program yang telah dirancang. Melalui partisipasi aktif ini, diharapkan tercipta sinergi antara pemerintah desa dan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan bersama.

Setelah sesi diskusi yang intensif, ditetapkanlah beberapa langkah konkret yang akan diambil untuk mengatasi masalah stunting dan memajukan program Rumah Desa Sehat di Desa Lumansari. Langkah-langkah tersebut mencakup peningkatan edukasi gizi melalui kampanye dan pelatihan, pemberian suplemen gizi kepada ibu hamil dan balita, peningkatan akses pelayanan kesehatan dengan memperluas jangkauan Posyandu, serta peningkatan fasilitas kesehatan di desa.

Musyawarah Desa Rembug Stunting Rumah Desa Sehat di Desa Lumansari menunjukkan komitmen yang kuat dari pemerintah desa, lembaga kemasyarakatan, dan masyarakat dalam mengatasi masalah stunting serta memajukan kesejahteraan. Kolaborasi dan partisipasi aktif dari semua pihak menjadi kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan tersebut. Diharapkan melalui upaya yang terintegrasi dan berkesinambungan, Desa Lumansari dapat menjadi desa yang sehat, sejahtera, dan memberikan contoh bagi desa-desa lainnya.

https://youtu.be/5ktdYKu_24I


Dipost : 10 Juli 2023 | Dilihat : 375

Share :

s